Sabtu, 20 Juni 2015

Apakah Aku Dirindukan Surga-Mu?

Ya Tuhan, aku tak pernah mengerti apa tujuan dari hidup ini
Sebelum akhirnya Kau mengajariku bagaimana aku harus melangkah di jalan kebaikan
Bagaimana aku harus berjalan berpegang pada Al-Quran dan sunah Rasul
Bagaimana aku harus hormat dan patuh terhadap kedua orang tuaku
Bagaimana aku harus saling berkasih sayang kepada saudara-saudaraku
Bagaimana aku harus selalu menjalin hubungan yang baik dengan seluruh umat-Mu
Bertutur sapa dengan lembut dan santun
Berlaku dengan ramah tanpa menyakiti
Membagi apa yang kupunya dalam kesempatan apapun yang kumiliki

Ya Tuhanku, setiap kali aku berangkat tidur, ada perasaan mengganjal dalam hatiku
Adakah aku telah memiliki salah satu alasan orang yang dirindukan oleh surga?
Ada empat golongan yang aku merasa bahwa aku belumlah ada pada salah satunya

Ialah orang yang senantiasa membaca Al-Quran
Ialah orang yang senantiasa menjaga lisannya
Ialah orang yang memberi makan orang fakir
Ialah orang yang puasa di bulan Ramadhan

Sungguh aku menyesal dalam rebahku Tuhan
Kalaulah aku telah melakukan salah satu di antaranya, namun apakah yang kulakukan telah benar-benar Kau terima
Apa aku telah baik dalam membaca firman-firman dari-Mu
Kadang aku malas dan lebih memilih membaca berbagai berita terkini di media sosialku
Kadang aku lebih memilih menonton acara televisi yang begitu menghiburku
Hingga aku lupa, Kaulah yang selalu memberi bahagia dalam hatiku melalui ayat-ayat suci-Mu

Sedikit banyak lisanku masih melahirkan dosa
Jika tidak mengejek atau mengolok,  aku sering terbawa keadaan membicarakan temanku yang lain
Astaghfirullah ya Gusti, aku sungguh malu pada-Mu

Lagi, kadang ada perasaan kurang ikhlas dalam dada ini
Kadang aku tak ingin memberi karena aku merasa bahwa kebutuhanku sendiri belumlah cukup terpenuhi
Maka ampunilah aku yang lupa bahwa dalam rezeki yang Kau limpahkan padaku ada hak orang lain di dalamnya, yang harus ku kembalikan pada mereka

Dan, puasaku ini hanya Engkaulah yang Maha Mengetahui
Terkadang ada banyak hal berlalu lalang di kepalaku
Tentang memikirkan buka puasa apa hari ini padahal hari masihlah pagi
Terkadang, seperti ada yang membujuk agar aku meninggalkan puasaku
Terkadang aku menahan marah atau benci atau tak suka dengan apa yang dilakukan orang lain
Terkadang sengaja atau tidak aku melukai seseorang, atau aku menyebabkan seseorang berbuat dosa

Maka dari itu semua, aku merasa tak punya muka setiap kali menghadap-Mu
Hari-hariku semu memikirkan semua itu
Menghalangi nyenyak tidurku

Dan wahai Engkau yang Maha Pengampun, ampunilah setiap dosa yang telah aku, yang telah kami lakukan
Jadikanlah kami hamba terpilih-Mu
Hamba-Mu yang senantiasa mensucikan diri dan bertaubat
Hamba yang selalu Engkau beri petunjuk

Aamiin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar