Selasa, 24 Februari 2015

Puisi untuk Ibu

Selamat malam ibu,
Apa yang sudah ibu lalui hari ini?
Apa hari ini indah?
Apa ibu selalu bahagia?
Aku harap semua pertanyaanku memiliki jawaban 'iya'

Ini sudah terlalu malam ya bu?
Ibu pasti sudah tidur
Besok pagi aku akan meneleponmu untuk bertanya
Apakah semalam ibu tidur dengan nyenyak?
Aku akan sangat bersyukur jika jawabannya 'iya'
Aku lega karena sekarang ibu bisa memiliki banyak waktu untuk beristirahat
Ini untuk menebus segala lelahmu saat aku kecil bu

Pasti dulu ibu tak memiliki banyak waktu untuk beristirahat
Ibu pasti lebih memilih menjagaku agar aku bisa tidur dengan lelap
Ibu pasti tak peduli kalau ibu lelah
Sejak pagi sekali ibu sudah mencuci popokku, ibu mandi, memasak, setelah itu memandikanku, menyuapiku, menggendongku sepanjang waktu sampai malam telah tiba kembali
Seharusnya malam adalah waktu paling indah setelah seharian berlelah-lelah
Tapi aku justru menyulitkan ibu
Sedikit-sedikit aku menangis meresahkanmu
Aku pipis menangis, aku lapar dan haus menangis
Ada suara sedikit aku menangis
Digigit nyamuk menangis

Waktumu telah kau berikan seluruhnya untukku
Dari pagi sampai malam sampai pagi lagi dan seterusnya sampai saat ini
Aku pasti sudah sangat merepotkan

Sekarang,
Aku harap siangmu tak melelahkan dan malam bisa membuat ibu tidur dengan nyenyak
Aku tak mau mengganggumu lagi bu
Aku takut menyulitkanmu
Ibu harus duduk indah di rumah
Menikmati teh hangat dan menyaksikan sinetron kesayangan

Waktumu hanya boleh untuk menyayangiku tanpa harus membebani jiwa raga ibu
Selamat tidur ya bu
Semoga hari-harimu selalu indah
Aku menyayangimu

Kaki kecilmu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar